Setiap karakter dalam game akan memiliki bilah keterampilan dengan enam slot: dua yang pertama dialokasikan untuk keterampilan senjata, keterampilan kelas menempati tiga slot berikutnya dan pemain dapat menempatkan Kemampuan Utama di slot keenam.
Keterampilan senjata berasal dari jenis senjata yang digunakan karakter saat ini. Akan ada lebih dari dua yang tersedia, tetapi pemain hanya dapat menempatkan dua di bilah keterampilan untuk penggunaan aktif. Hal yang sama berlaku untuk keterampilan kelas. Pada dasarnya, tiga kelas keterampilan apa pun dapat mengisi tiga slot terkait di bilah keterampilan. Namun, mereka harus dipilih untuk saling mendukung. Semua karakter memiliki seperangkat Kemampuan Ultimate, yang diduga sangat kuat. Itulah mengapa hanya satu yang bisa digunakan, jadi isi slot bilah keterampilan yang ditentukan.
Skill armor juga ada di dalam game. Mereka pasif, jadi tidak akan mengisi slot apa pun di bilah keterampilan. Keterampilan ini akan tergantung langsung pada jenis baju besi yang dipakai pemain. Karakter tidak perlu hanya menggunakan satu jenis baju besi, tetapi lebih banyak bagian dari jenis baju besi yang sama akan memberikan akses lebih jauh ke pohon keterampilan terkait.
Di TESO, statistik karakter utama adalah kesehatan, stamina, dan magicka. Kesehatan adalah jumlah total poin kehidupan karakter (berapa banyak kerusakan yang situs slot online dapat terjadi sebelum kematian terjadi). Stamina adalah sumber daya yang dibutuhkan untuk serangan senjata, berlari, memblokir dan menghindar. Merapalkan mantra membutuhkan magicka.
Mekanika penargetan
Penargetan soft-lock TESO memungkinkan pemain untuk memilih targetnya dengan menggunakan reticle yang dikendalikan mouse. Itu berarti karakter harus menghadapi dan mengarahkan targetnya untuk memukulnya dengan serangan sesudahnya. Target hanya bisa lolos dari serangan dengan menggunakan kemampuan menghindar atau menghindar. Ada juga opsi penargetan hard-lock yang memungkinkan pemain fokus pada target, sangat berguna selama pertemuan besar-besaran (dengan banyak pemain dan/atau NPC).
Kerusakan dan penghindaran pertempuran
Untuk tujuan ini, The Elder Scrolls Online memiliki tiga kemampuan khusus.
Menghindari dan memblokir dapat digunakan untuk menghindari tertabrak lawan, baik itu monster atau pemain lain. Melalui menghindar, pemain pada dasarnya bergerak menghindari serangan yang masuk. Menggunakan perisai atau senjatanya, pemain juga dapat memblokir serangan.
Kemampuan siluman memungkinkan pemain untuk bergerak tanpa terdeteksi di sekitar musuh tanpa memasuki pertempuran. Penyamaran juga akan tersedia dalam game sebagai jarahan. Pemain dapat menggunakan pakaian ini untuk berjalan tanpa batas di dekat musuh.
Semua kemampuan ini bersama dengan sprint (berlari) membutuhkan berbagai jumlah stamina.
Sinergi dan Kemahiran
Synergy adalah sistem di TESO yang secara praktis memberikan penghargaan kepada dua pemain untuk bekerja sama. Ini berarti bahwa ketika satu pemain menggunakan kemampuan, pemain lain dapat berinteraksi dengannya pada saat tertentu dan meningkatkannya. Dengan kata lain, pemain dihargai karena memperhatikan pertarungan dan bereaksi segera pada saat yang tepat. Manfaatnya bervariasi dari sekadar membantu tim untuk mendapatkan pembunuhan lebih cepat, poin kemahiran, hingga pengalaman bonus, jarahan, dan hadiah khusus.
Sinergi tidak terbatas pada pemain. Monster juga menggunakan sistem ini untuk meningkatkan kekuatan kemampuannya, membuat mereka lebih sulit untuk dibunuh.
Kemahiran adalah sistem lain yang menawarkan manfaat bagi pemain yang dapat menggunakan keterampilan mereka secara efisien selama pertarungan. Selain itu, ia mempertahankan sistem penghargaan yang adil di mana tidak ada usaha berarti tidak ada manfaat. Akibatnya, serangan yang berhasil, interupsi, pemblokiran, penggunaan sinergi, dan tindakan lainnya akan menghasilkan poin kemahiran. Poin kemahiran diperlukan untuk Kemampuan Ultimate, jadi dengan mendapatkannya lebih cepat, pemain akan dapat menggunakan Ultimate mereka lebih sering. Berdasarkan jumlah poin kemahiran yang diperoleh, pemain juga akan menerima loot ekstra, emas, dan pengalaman.
Pemain vs Pemain
PvP di TESO akan tersedia dalam bentuk yang terorganisir, tetapi juga dapat terjadi secara alami di mana saja. Pemain akan memiliki akses tak terbatas ke area musuh. Pengembang menciptakan hambatan antara tiga wilayah aliansi untuk meningkatkan kesulitan maju ke wilayah yang dikendalikan oleh lawan.
Selama pertempuran Aliance vs Aliance, pemain akan berjuang untuk sumber daya dan benteng untuk mencapai tujuan akhir, mengambil kendali atas Kota Kekaisaran. Pemain peringkat tertinggi dari aliansi pemenang, menjadi Kaisar dan menerima keterampilan khusus yang secara signifikan meningkatkan kemampuan tempurnya. Pemain, guild, dan aliansi akan memiliki papan peringkat dan pencapaian untuk menunjukkan kemajuan dan keterampilan bertarung mereka.